Senin, 26 November 2012

BAB I METODE RISET


BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang menjadikan teknologi internet juga mengalami kemajuan yang pesat. Dengan tingginya tingkat mobilitas masyarakat, maka teknologi internet berperan penting dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Secara umum internet dapat dapat di definisikan “a global network of computer network”  jaringan kerja global komputer ( Randall & Latullipe dalam Tjiptono & Santoso, 2000 ).
Seiring dengan perkembangan jaman, internet merupakan kebutuhan bagi banyak manusia, karena dengan internet setiap manusia bisa menemukan segala informasi diseluruh dunia dengan cepat dan mudah. Kebutuhan internet yang sangat penting, membuat jumlah pemakai internet mengalami peningkatan dari tahun ke tahun di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Layanan internet dapat kita nikmati dengan beberapa cara, antara lain seperti layanan akses internet Dial-Up dan layanan akses mobile broadband. Awal dimulainya teknologi mobile broadband dipelopori oleh PT. Indosat Mega Media (IM2), kemudian industri layanan mobile broadband diramaikan dengan perusahaan penyedia mobile broadband lainnya, seperti  PT. Telekomunikasi Seluler (TELKOMEL), PT. Smart Telecom, dan PT. XL Axiata, Tbk.
Dengan adanya beberapa perusahaan mobile broadband mengakibatkan persaingan antar perusahaan mobile broadband menjadi semakin tinggi. Namun persaingan tersebut memberikan keuntungan bagi para konsumen, karena perusahaan saling berlomba untuk memberikan kepuasan bagi para konsumennya dengan cara memberikan pilihan-pilihan produk sesuai dengan kebutuhan para konsumen.
Untuk memenangkan persaingan antar perusahaan mobile broadband tidak hanya memerlukan pengetahuan mengenai perilaku konsumen, tetapi juga pengetahuan tentang bauran pemasaran yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk.
Sujoko (2007) menemukan dalam penelitiannya bahwa variabel-variabel bauran pemasaran (product, price, personal traits, place, process) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di kota Jember . Sedangkan Ni Nengah Wiidiasih dalam Sujoko (2007) menemukan dalam penelitiannya bahwa produk adalah faktor yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet di kota Denpasar Bali. Sementara menurut Wardana, Hasana, dan Hermana yang dikutip oleh Sherly Indah Susanty dan Budi Hermana (2006) mengatakan dalam penelitiannya bahwa harga, kelengkapan fitur, dan mutu produk merupakan hal penting konsumen pertimbangkan dalam memilih suatu produk.
Berdasarkan hal tersebut, dalam penulisan skripsi ini penulis tertarik mengambil judul “ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PEMILIHAN PRODUK MOBILE BROADBAND”.
1.2              Perumusan dan Batasan Masalah
1.2.1        Rumusan Masalah
1.      Apakah variabel bauran pemasaran  berpengaruh terhadap pemilihan produk mobile broadband ?
2.      Variabel bauran pemasaran mana yang lebih dominan dalam mempengaruhi pemilihan produk mobile broadband ?
3.      Produk mobile broadband  apakah yang paling banyak digunakan oleh konsumen?

1.2.2        Batasan Masalah
Dalam penulisan ini untuk lebih memfokuskan pembahasan dan kejelasan data yang akan dibahas dan dikumpulkan, maka penulis membatasi permasalahan yang berkaitan dengan bauran pemasaran terhadap pemilihan produk mobile broadband pada mahasiswa angkatan 2006 Universitas Gunadarma (Kalimalang). Variabel – variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi  produk, harga, tempat, dan promosi. Dengan produk mobile broadband unlimited yang dijadikan sebagai sampel adalah XL broadband, Telkomsel Flash, Smart broadband, dan IM2.

1.3              Tujuan penelitian
1.      Untuk mengetahui apakah variabel – variabel bauran pemasaran berpengaruh terhadap pemilihan produk mobile broadband.
2.      Untuk mengetahui variabel bauran pemasaran mana yang paling dominan dalam mempengaruhi pemilihan produk mobile broadband.
3.      Untuk mengetahui produk mobile broadband apa yang paling banyak dipilih oleh konsumen.
1.4              Manfaat penelitian
Melalui hasil penelitian ini diharapkan dapat memperoleh suatu manfaat yang berguna, yaitu :
1.      Akademis
Sebagai bahan literatur yang dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa yang sedang mengadakan penelitian. Disamping itu juga bermanfaat bagi penulis untuk memperluas wawasan. 
2.      Perusahaan
Penelitian ini diharapkan dapat sebagai bahan masukan, serta pertimbangan untuk menentukan langkah yang selanjutnya akan diambil dan juga dapat menjadi sumbangan informasi perusahaan dalam mengevaluasi produk yang ditawarkan kepada konsumen.
3.      Pihak – Pihak lain
Pihak – pihak yang tertarik dengan bidang ini dan dapat menambah informasi dan referensi yang nantinya bermanfaat bagi penelitian – penelitian selanjutnya.

1.5              Kerangka Pemikiran
Pada saat ini dimana persaingan perusahaan mobile broadband yang semakin ketat, membuat konsumen harus berhadapan dengan situasi yang sedikit sulit dalam menentukan pilihan. Oleh karena itu, perusahaan seharusnya mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen agar perusahaan  dapat menarik banyak konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada. Rangsangan pemasaran terdiri dari 4 bauran pemasaran : produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Rangsangan lain meliputi kekuatan dan kejadian penting di lingkungan konsumen : ekonomi, teknologi, politik, dan budaya , menurut Philip Kotler & Gary Amstrong (2004 : 200).
Sujoko (2007) menemukan dalam penelitiannya bahwa variabel-variabel bauran pemasaran (product, price, personal traits, place, process) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet di kota Jember. Hal ini di perkuat dengan temuan dalam penelitian Ni Nengah Wiidiasih dalam Sujoko (2007) yang menyatakan bahwa produk adalah faktor yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet di kota Denpasar Bali. Sementara menurut Wardana, Hasana, dan Hermana yang dikutip oleh Sherly Indah Susanty dan Budi Hermana (2006) menemukan dalam penelitiannya bahwa harga, kelengkapan fitur, dan mutu produk merupakan hal penting konsumen pertimbangkan dalam memilih suatu produk.
Hasil penelitian tersebut didukung oleh teorin Henry Assaell (1995), teori Kotler (2000), dan teori Lounden (1993), dan teori Kasali (1999) dalam Sujoko (2007) yang menyatakan bahwa produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli suatu produk barang atau jasa.
Philip Kotler & Gary Amstrong (2004  : 200) mengatakan bahwa pembelian konsumen sangat dipengaruhi oleh karakteristik budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Tetapi sebagian besar dari faktor – faktor tersebut tidak dapat dikendalikan oleh pemasar, namun mereka harus tetap mempertimbangkannya. Menurut Philip Kotler & Gary Amstrong (2004  : 224) proses pengambilan keputusan pembelian terdiri dari lima tahap : pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian.
Untuk dapat mencapai pasar sasaran yang tepat maka diperlukan adanya segmentasi pasar. Apabila telah diketahui tentang segmentasi pasar maka langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari perilaku konsumen mengenai faktor – faktor yang bisa mempengaruhi mereka dalam melakukan pembelian.
Dari kerangka pemikiran diatas, terbentuk beberapa faktor yang dapat mempengaruhi para konsumen dalam memilih produk mobile broadband. Faktor tersebut dapat dikelompokan menjadi 4 variabel, yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).

1.6              Model Penelitian
            Model pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap pemilihan produk mobile broadband 



1.7              Hipotesis
Dalam penelitian ini penulis merumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut :
Ho       : Variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) tidak berpengaruh terhadap pemilihan produk mobile broadband.
Ha       : Variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) berpengaruh terhadap pemilihan produk mobile broadband.
                          
sumber : Nita Julita,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar