BAB III
METODE PENELITIAN
3.1
Objek
Penelitian
Dalam penelitian ini objek yang diamati adalah mahasiswa
angkatan 2006 Universitas Gunadarma (Kalimalang). Dalam penelitian ini penulis
menggunakan rumus Slovin untuk menentukan berapa minimal sampel yang dibutuhkan
jika ukuran populasi diketahui. (Umar, 2003 :141)
Keterangan :
n
= ukuran sampel
N
= ukuran Populasi
e
= persentase kelonggaran
ketidaktelitian karena kesalahan
pengambilan sampel yang dapat
itolerir (dalam penelitian ini digunakan nilai
kritis 10%).
Dari
rumus Slovin diatas maka dapat dihitung jumlah minimal sampel yang dibutuhkan
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
Karena jumlah sampel yang diperoleh adalah jumlah minimal,
maka jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100
orang responden. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan
2006 Universitas Gunadarma (Kalimalang). Mengingat sangat besarnya populasi
dalam penelitian ini, maka pengambilan sampel akan menggunakan Stratified Random Sampling. Populasi
akan dibagi kedalam beberapa subpopulasi, setelah itu pada setiap subpopulasi
dilakukan pengambilan sampel secara acak.
Subpopulasi dalam penelitian ini
ditentukan berdasarkan banyaknya fakultas yang terdapat di Universitas
Gunadarma, subpopulasi dapat dilihat
pada tabel 3.1 :
Tabel 3.1 Subpopulasi
Penelitian
No.
|
Subpopulasi / Fakultas
|
Jumlah
|
1.
|
Fakultas Ekonomi
|
525 Mahasiswa
|
2.
|
Fakultas Ilmu Komputer
|
782 Mahasiswa
|
3.
|
Fakultas Teknologi Industri
|
319 Mahasiswa
|
4.
|
Fakultas Psikologi
|
104 Mahasiswa
|
5.
|
Fakultas Sastra
|
44 Mahasiswa
|
Total
|
1774 Mahasiswa
|
Sumber : PSMA Online Universitas
Gunadarma (Kalimalang)
3.2 Variabel
Penelitian
Dalam penelitian ini
variabel-variabel yang digunakan adalah sebagai berikut :
a.
Varibel Bebas / Independent (Variabel X), dalam
penelitian terdapat empat variabel bebas, yaitu :
·
(X1) Produk
P1 Kekuatan
sinyal
P2 Kecepatan akses
P3 Kestabilan kecepatan
akses
P4 Merk Broadband
·
(X2)
Harga
H1 Harga perdana
H2 Tarif perbulan
H3 Harga dengan kuota
·
(X3)
Tempat
T1 Tempat pembelian perdana
T2 Tempat pembelian pulsa isi ulang (Top Up)
T3 Gerai resmi
T4 Pelayanan dan fasilitas gerai resmi
·
(X4)
Promosi
R1 Iklan melalui media cetak dan elektronik
R2 Pameran
R3 Mendatangi kampus
R4 Brosur, poster atau papan reklame
R5 Pemberian bonus kuota
b.
Variabel Terikat / Dependent (Variabel Y), yaitu
variabel yang merupakan hasil dari keterikatan variabel X yang mempengaruhi
variabel Y. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel terikat adalah ;
(Y) Pemilihan
M1 Pemilihan atribut produk
M2
Pemilihan harga
M3
Lokasi tempat pembelian perdana dan isi ulang
M4
Promosi yang menarik
3.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam
penulisan ini metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu :
1.
Riset Lapangan
Riset lapangan yang dipergunakan adalah angket atau
kuesioner yaitu pengajuan serangkaian pernyataan tertulis kepada pihak yang
terkait tentang data yang diperlukan. Kuesioner dengan bentuk pernyataan
tertutup, yaitu kuesioner yang menyajikan pernyataan dengan pilihan jawabannya.
Pernyataan yang dicantumkan oleh penulis dibuat sendiri dan dianggap dapat
mewakili variabel-variabel yang diteliti. Pengukuran data yang dipergunakan
penulis yaitu dengan skala likert. Kemudian jawaban dari setiap pernyataan
ditentukan skornya dengan menggunakan skala likert, yaitu : (1, 2, 3, 4, 5).
Dengan kriteria umum untuk skor yang digunakan untuk jawaban adalah :
·
Sangat Setuju =
5
·
Setuju =
4
·
Kurang Setuju =
3
·
Tidak Setuju =
2
·
Sangat Tidak Setuju = 1
2.
Riset Kepustakaan
Riset kepustakaan yaitu merupakan suatu pengumpulan,
pengolahan, dan menganalisa data dengan mempelajari buku-buku referensi yang
dapat dijadikan landasan teori untuk penelitian ini.
3.3
Teknik
Penarikan Sampel
Penelitian ini menggunakan stratified random sampling sebagai metode pengambilan sampelnya.
Adapun sampel yang telah dihitung dengan menggunakan rumus Slovin adalah
sebanyak 100 orang yang terdiri dari beberapa fakultas. Oleh karena itu untuk
menentukan jumlah sampel yang akan diambil pada setiap fakultas, digunakan
dengan cara jumlah populasi pada setiap fakultas dibagi dengan jumlah total keseluruhan
populasi kemudian dikalikan 100%. Berdasarkan cara perhitungan diatas dapat
diperoleh hasil sebagai berikut :
Tabel
3.2 Perhitungan Sampel
No.
|
Subpopulasi / Fakultas
|
Jumlah populasi
|
Persentase
|
Jumlah sampel
|
1.
|
Fakultas
Ekonomi
|
525
|
29,60
%
|
30
|
2.
|
Fakultas Ilmu
Komputer
|
782
|
44,08
%
|
44
|
3.
|
Fakultas Teknologi
Industri
|
319
|
17,98
%
|
18
|
4.
|
Fakultas
Psikologi
|
104
|
2,48
%
|
2
|
5.
|
Fakultas
Sastra
|
44
|
5,86
%
|
6
|
Total
|
1774
|
100
%
|
100
|
Sumber : Data diolah
sumber : Nita Julita
sumber : Nita Julita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar